www.reborn-digital.co.cc

contact: iyancicak@reborn.com (untuk Semarang, Salatiga, Ungaran dan Sekitarnya)

add

Misi Berjalan Di Luar Angkasa Dipercepat

Misi Terakhir Berjalan di Luar Angkasa Dipercepat
Selasa, 28 Juli 2009 | 08:41 WIB

KOMPAS.com — Dua astronot misi luar angkasa Endeavour, Senin (27/7) pukul 18.33 WIB, memulai misi berjalan di luar angkasanya satu jam lebih awal dari rencana. Dua astronot itu, Chris Cassidy dan Tom Mashburn, sekaligus tercatat melakukan perjalanan luar angkasa (spacewalk) terbanyak dalam satu misi, yaitu tiga kali berada di luar pesawat.

Misi kelima atau yang terakhir kemarin direncanakan berlangsung 6,5 jam. Misi mereka adalah memasang kamera sisi depan dan belakang Laboratorium Kibo milik Jepang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Laboratorium senilai 1 miliar dollar AS (Rp 10 triliun) itu merupakan stasiun dengan ruangan terbesar saat dipasang pada akhir tahun lalu.

Tugas berikutnya adalah pemeliharaan kabel pembangkit stasiun milik Amerika dan melepas isolasi perangkat robot dua lengan, Dextre, milik Kanada yang biasa digunakan untuk pemeliharaan stasiun.

Hari Rabu pekan lalu stasiun pemantau misi di Bumi memerintahkan misi berjalan di luar angkasa dihentikan 30 menit lebih cepat karena gangguan pada pakaian (kostum) luar angkasa mereka. Pada pakaian yang dipakai Cassidy terdeteksi kadar karbon dioksida di atas batas normal yang dapat berisiko. Kemarin dia mengenakan kostum berbeda. (AFP/AP/MYSPACE.COM/GSA)

0 komentar:

Posting Komentar